|
|
---|
Friday, January 8, 2010
Ban merupakan bagian penting dari kendaraan bermotor, ababila ban tidak benar pasti akan menggangu perjalanan dan nyawa anda. Seperti ban bocor dan ban pecah. Terkadang permukaan ban tidak rata, yang mebuat kendaran kita tidak stabil. Banyak diantara kita yang hanya membeli ban hanya dilihat dari Bunga ban dan besar kecilnya ban untuk modifikasi tanpa memikirkan jenis dan ukuran yang diperuntukan buat apa ban itu ? disini akan diulas apa-apa saja fungsi ban dan apa arti singkatan yang terdapat di ban anda.
Apa saja fungsi dari ban motor?
Ban adalah salah satu komponen kendaraan yang berfungsi:
1. Sebagai pengendali arah kendaraan
2. Sebagai penanggung berat beban kendaraan termasuk penumpangnya
3. Sebagai penerus tenaga dari mesin
4. Sebagai sistem peredam/suspensi dari sepeda motor
Terdapat begitu banyak simbol dan kode pada ban. Apa saja arti dari simbol dan
kode tersebut?
Pada sebuah ban, dapat Anda temukan informasi seperti ukuran ban, TWI (Tread
Wear Indicator), Tipe ban: tubeless atau tubetype, Nomor Lot, Speed Simbol &
Load index, Anak Panah, hingga beban maksimum. Semua ini merupakan faktor
penting yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli ban sesuai kebutuhan
Anda.
Ban saya cepat habis! Kenapa ?
Beberapa hal yang dapat mempercepat keausan ban:
1. Tekanan angin kurang/berlebih
2. Beban berlebihan
3. Pengereman dan akselerasi yang berlebihan
4. Kondisi musim (Musim kemarau ban akan lebih cepat aus)
5. Power motor besar tetapi penggunaan ban relatif kecil
6. Material karet kompon ban (Kompon lunak akan lebih cepat habis daripada
kompon keras)
Cara memasang ban yang baik dan benar, seperti apa ??
Dalam memasang ban ada beberapa hal yang harus diperhatikan demi keselamatan
pengendara dan keawetan ban diantaranya:
1. Gunakan peralatan yang tidak merusak ban atau velg.
2. Pastikan velg sejajar dengan rim line saat terpasang.
3. Pastikan arah putar sesuai dengan petunjuk.
4. Cek tekanan angin agar sesuai dengan standardnya.
5. Sesuaikan ukuran ban dalam terhadap ban luarnya.
6. Pastikan tidak ada benda asing seperti krikil tajam, beling atau paku di
dalam ban.
7. Gunakan selalu rim tape untuk melindungi ban dalam dari tusukan spoke velg.
8. Pastikan bahwa posisi Valve ban dalam sesuai dengan tanda posisi Valve yang
tertera pada ban.
9. Kencangkan mur ban dalam seperlunya.
10. Setelah mengganti ban belakang sejajarkan posisinya agar lurus terhadap ban
depan untuk menghindari keolengan.
11. Setelah ban terpasang tarik beberapa kali tuas rem terutama rem hidrolik
sampai terasa tekanan rem sudah kembali normal untuk menghindari terjadinya rem
blong.
Cara merawat ban agar lebih awet dan tahan lama?
Ada beberapa tips ni untuk anda:
1. Periksa tekanan angin dan kondisi fisik secara berkala.
2. Saat motor diparkir gunakan standard tengah untuk mengurangi tekanan pada
ban pada posisi yang sama diwaktu yang lama.
3. Hindari kontaminasi dengan cairan2 kimia yang merusak,olie dan bensin segera
bersihkan dengan air dan sabun jika terkena cairan tersebut.
4. Hindari kontak dengan sinar matahari dengan waktu yang lama karena akan
membuat karakter karet ban berubah.
5. Demi keamanan, ganti ban yang sudah melewati batas TWI.
Tekanan angin ban tubeless saya berkurang secara tidak wajar padahal tidak
tertusuk paku. Apa yang harus saya lakukan?
1. Periksa apakah ukuran ban terhadap velg sudah sesuai.
2. Periksa valve terhadap kebocoran ganti jika perlu.
3. Periksa bibir velg yang bersentuhan dengan ban apakah masih mulus atau sudah
rusak karena bengkok, cat terkelupas, ada benda asing, permukaan kasar atau
ketidaksempurnaan lainnya, perbaiki/ganti jika perlu.
4. Periksa apakah ban pernah ditambal, jika ya cek kondisinya perbaiki/ganti
ban jika diperlukan.
5. Periksa kondisi velg terhadap keretakan, jika velg pernah bengkok dan
dipress ulang maka ada kemungkinan velg retak sehingga velg harus diganti.
6. Periksa apakah rim line sudah sejajar dengan bibir velg, perbaiki posisinya
jika perlu.
Pada Ban yang sedang tidak dipakai/dipasang pada motor. Bagaimana ya cara
saya menyimpan ban dengan baik?
1. Pastikan ruangan terlindung dari sinar matahari dan UV.
2. Pastikan bahwa temperatur ruangan terjaga agar tidak terjadi perubahan suhu
yang extrim secara terus menerus.
3. Penyimpanan jangan ditumpuk,sebaiknya didirikan satu persatu.
Kata mekanik motor Ban tubeless saya tidak bisa ditambal seperti ban lain, katanya
dengan cara khusus dari dalam, apa maksudnya?
Ada beberapa metode dalam menambal ban tubeless, diantaranya adalah:
1.Penambalan dari luar: Adalah metode penambalan yang paling banyak dan sering
dilakukan oleh bengkel-bengkel tambal ban.Metode ini bisa dilakukan jika
kebocoran pada ban tidak besar dan berada pada area crown.
2.Penambalan dari dalam: Adalah metode penambalan dari sisi dalam ban dengan
tambahan material penambal khusus yaitu Rubber Patch. Metode ini diperlukan
jika lubang kebocoran pada ban dinyatakan besar atau area kebocoran berada pada
area side wall.
Labels: Ban